Bawaslu Bali Gelar (FGD) Kesiapan SDM Bawaslu Kabupaten/Kota dalam Menyongsong Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020

  • 02 Oktober 2019
  • 15:10 WITA
Bawaslu-Bali-Gelar-FGD-Kesiapan-SDM-Bawaslu-KabupatenKota-dalam-Menyongsong-Pelaksanaan-Pilkada-Tahun-2020_476921.jpg

Guna menyongsong pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 berjalan lancar, Bawaslu Provinsi Bali gencar menyiapkan SDM Pendukung, utamanya dari unsur kesekretariatan, karena salah satu faktor penting bagi keberhasilan penyelengaraan pemilu terletak pada kesiapan dan profesionalitas penyelenggara pemilu itu sendiri. Salah satu kegiatan yang baru saja dilaksanakan oleh Bawaslu Provinsi Bali adalah Focus Group Discussion (FGD) Kesiapan SDM Bawaslu Kabupaten/Kota dalam Menyongsong Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 (2/10).

Peserta FGD adalah Koordinator Divisi (Kordiv) SDM enam Bawaslu Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020, yaitu: Bangli, Karangasem, Badung, Tabanan, Jembrana, dan Denpasar. Acara dibuka oleh Ketua Bawaslu BALI, Ketut Ariyani S.E., M.M. yang menyampaikan mengenai kesiapan SDM (Sumber Daya Manusia) dari sisi pengawasan dan penanganan pelanggaran. Kapasitas SDM dipandang perlu untuk terus ditingkatkan guna memastikan fasilitasi terhadap fungsi pengawasan dan penanganan pelanggaran maupun sengketa semakin baik kedepannya.

Dilanjutkan kemudian oleh narasumber kedua I Ketut Rudia, S.E., M.M., dalam penyampainnya Rudia meminta Bawaslu kabupaten/kota untuk menguraikan apa saja yang menjadi potensi sengketa Pemilihan dan menjadikan potensi tersebut sebagai titik-titik fokus pencegahan dan pengawasan karena situasi-kondisi di setiap kabupaten/kota itu berbeda-beda. Kemudian menempatkan SDM yang tepat untuk mengantisipasi potensi terjadinya sengketa Pemilihan. Selanjutnya I Wayan Wirka. S.H, memaparkan permasalahan dalam perekrutan tenaga pengawas ad hoc tingkat kecamatan. Anggota Panwaslu Tabanan periode 2017 — 2018 ini berharap pada saat memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panwascam nantinya agar diperdalam mengenai tata cara penyusunan Form A Pengawasan yang baik dan benar.

Selain menguatkan dari sisi SDM, Melalui kegiatan FGD ini juga dibahas program-program apa saja yang akan dilaksanakan untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Tahun 2020.

Komentar