RAPAT KERJA TAHAPAN PEMILU/PEMILIHAN DALAM RANGKA PERSIAPAN PERKEMAHAN BAKTI PEMILU

  • 10 Oktober 2019
  • 01:00 WITA
RAPAT-KERJA-TAHAPAN-PEMILUPEMILIHAN-DALAM-RANGKA-PERSIAPAN-PERKEMAHAN-BAKTI-PEMILU_458987.jpg

Selasa (8/10) Bawaslu Provinsi Bali menggelar Rapat Kerja Tahapan Pemilu/Pemilihan Dalam Rangka Persiapan Perkemahan Bakti Pemilu. Bakti Pemilu merupakan salah satu dari rangkaian pembentukan Saka Adyasta Pemilu yang merupakan salah satu program dari Bawaslu RI dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu.

Pelaksanaan Pengawasan Partisipatif merupakan salah satu persiapan yang dilaksanakan oleh Bawaslu dan jajarannya dengan Organisasi Pramukaan untuk mengembangkan Pengawasan Partisipatif, dan juga sebagai wahana untuk mengeksplorasi tantangan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan Tahapan Pemilu/Pemilihan khusunya Pemilihan Tahun 2020 yang akan berlangsung. Inventarisasi tantangan dalam menjalankan tugas pokok pengawasan ini, diharapkan dapat menjadi basis data untuk melakukan perbaikan kinerja dibidang Pengawasan dalam pengawasan partisifatif penyelenggaraan Pemilu/Pemilihan Tahun 2020. rapat kerja ini diharapakan dapat menjadi wahana untuk melakukan sosialisasi tentang Bawaslu dan Pengawasan Pemilu, serta melaksanakan koordinasi gerak langkah untuk mewujudkan pembentukan Saka Adhyasta Pemilu.

Pembentukan Saka Adyasta Pemilu merupakan tonggak penting keikutsertaan Gerakan Pramuka dalam menegakkan penyelenggaraan demokrasi Indonesia. Pembentukan Saka Adyasta Pemilu berperan dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu agar berjalan bebas dan adil dengan melaporkan dugaan pelanggaran pemilu kepada pengawas pemilu. Pembentukan Saka Adyasta Pemilu berperan dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu agar berjalan bebas dan adil dengan mencegah terhadap praktik pelanggaran pemilu. Pembentukan Saka Adyasta diharapkan menjadi pelopor dan inspirator bagi pemuda-pemudi bangsa untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu.

Komentar