BIMBINGAN TEKNIS KEHUMASAN DENGAN BAWASLU KABUPATEN/KOTA SE-BALI TAHUN 2019

  • 14 Oktober 2019
  • 10:37 WITA
BiMBINGAN-TEKNIS-KEHUMASAN-DENGAN-BAWASLU-KABUPATENKOTA-SEBALI-TAHUN-2019_119661.jpg

DENPASAR. Guna meningkatkan kompetensi Kehumasan dalam mendukung keterbukaan informasi publik sehingga dapat menyampaikan informasi kelembagaan berkaitan dengan penyelenggaraan pengawasan Pilkada Tahun 2020, Bawaslu Provinsi Bali menggelar kegiatan Bimtek Kehumasan dengan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali Tahun 2019 yang dilaksanakan selama 3 hari (10 s.d 12 Oktober 2019). Narasumber yang mengisi dalam kegiatan Bimtek Kehumasan ini adalah, Tim Assistensi Bawaslu Republik Indonesia Deytri Aritonang, yang menjelaskan mengenai Humas Kekinian menjangkau milenial yang mana harapannya Humas di lingkungan Bawaslu Provinsi Bali, Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali dapat merangkul atau menjangkau generasi milenial yang kini mulai mendominasi dunia public relation (PR), baik sebagai pekerja maupun stakeholder. Kordiv Pengawasan Humas dan Hubungan antar Lembaga I Wayan Widyardana Putra yang membahas mengenai Mengelola Humas dan Meningkatkan Partisipasi. Kodiv Penyelesaian Sengketa I Ketut Rudia menjelaskan mengenai Peran Humas dalam Lembaga Pengawas. Dr. Luh Kadek Budi Martini, SE.,MM. sebagai Dosen Public Speaking Universitas Mahasaraswati yang menjelaskan dan menekankan mengenai sikap Humas yang baik dalam penyampaian Informasi ke Publik, Iwan Darmawan Wartawan Info Bali News, yang memberikan pemahaman dalam Photography baik dalam teknik pengambilan angel atau pengetahuan Photography.

Humas merupakan singkatan dari Hubungan Masyarakat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Public Relation (PR) yang bertanggungjawab dalam membangun dan mempertahanan reputasi, citra, dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan publik. Dalam sebuah organisasi pemerintahan, humas sering diposisikan sebagai corong atau suara dari pimpinan dalam hubungannya dengan publik, sehingga menjadi posisi yang strategis dan melekat dengan kemampuan serta tanggung jawab. Harapannya dengan terselenggaranya Bimtek ini, humas Bawaslu Provinsi ataupun Kabupaten/Kota nantinya dapat membangun hubungan yang baik kepada publik sehingga citra baik kelembagaan utamanya memastikan kerja-kerja Bawaslu dapat terinformasikan kepublik,

Peran humas yang profesional makin dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas informasi serta pelibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan publik. Hak informasi yang jernih hanya bisa didapat dengan kompetensi dan profesional yang mengedepankan kepentingan publik.

Komentar