Bawaslu Kabupaten Karangasem

  • Dibaca: 2649 Pengunjung

Pemilik nama lengkap I Kadek Puspa Jingga, SH ini lahir pada 12 Juli 1986 di Dusun Batudawa, Desa Tulamben, Kec. Kubu, Karangasem. Anak keempat pasangan I Gede Puspa dengan Ni Nengah Manis (Alm) ini merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Pendidikan SD, SMP, SMA diselesaikan di Kubu. Pendidikan S-1 Ilmu Hukum ditempuh di Universitas Mahasaraswati Denpasar pada tahun 2008 silam.

Jingga—demikian dia dipanggil—mengawali karirnya di media cetak. Pada Tahun 2011 bergabung di Kelompok Media Bali Post (KMB) dan ditugaskan sebagai Wartawan Denpost di Buleleng, selanjutnya dipindahkan ke Kabupaten Bangli selama hampir 8 tahun. Kemudian pada Agustus 2018 melalui proses seleksi yang sangat ketat berhasil terpilih sebagai salah satu Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karangasem untuk periode hingga tahun 2023. Di Bawaslu dipercaya sebagai Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi (Kordiv Hukum Datin).

Selama berprofesi sebagai wartawan, dikatakan banyak sekali suka dukanya. Diakui tugas wartawan tidak terlalu jauh dengan tugas anggota Bawaslu, yakni sama-sama mengawasi. Selama menjadi wartawan juga sudah terbiasa dengan begadang saat ada berita-berita besar. ‘’Nah menjadi Bawaslu juga sama. Ketika berlangsung tahapan juga sudah siap bekerja sepenuh waktu,’’ kata Jingga.

Untuk mewujudkan Pemilu yang demokratis, pria yang dipercaya sebagai Kordiv Hukum Datin Bawaslu Karangasem ini mengajak semua peserta Pemilu dan masyarakat untuk bersama-sama taat aturan. Larangan-larangan dalam Pemilu agar diperhatikan sehingga tidak menciderai proses demokrasi. ‘’Proses Pemilu yang demokratis akan melahirkan pemimpin yang bermartabat,’’ pungkasnya.

Kontak Person            : 081238932777    

E-mail                          : puspajingga53@gmail.com

Alamat            :Br. Dinas Batudawa Kelod, Desa Tulamben, Kec. Kubu, Karangasem.

 

Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Karangasem periode 2018-2023 dijabat oleh I Nyoman Merta Dana, SH. Beliau yang akrab dipanggil Bapak Merta lahir di Mataram pada 9 Mei 1983 memiliki kegemaran berupa mendengarkan musik. Sebagai anak bungsu dari empat bersaudara, beliau memilih jurusan Hukum ketika mengenyam kuliah di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Sebelum menjabat sebagai Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Karangasem, putra dari pasangan Ni Wayan Riasti dengan I Wayan Sarda ini pernah berkarier sebagai staf KPU Kabupaten Karangasem dari tahun 2008 hingga 2016.

 

Bapak Merta sebelumnya juga pernah menjabat sebagai anggota Panwaslu Kabupaten Karangasem pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Tahun 2018.Ayah dari Ni Wayan Sukma dan Suami dari Ibu Ni Nyoman Sriati ini mengungkapkan bahwa hal paling berkesan selama kepemiluan yang beliau saksikan adalah ketika menjelang Pilgub pada 22 November 2017, kantor Panwaslu  sementara dipindahkan ke Posko Induk Manggis  akibat hujan abu vulkanik. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat agar proses pengawasan tetap berjalan dengan baik. Bapak Nyoman Merta memiliki quote, “Apapun itu Kalau ada Kemauan dan Usaha, Pasti dapat dilakukan”.

Kontak Person            : 082359207414

E-mail                          :  mertadana708@gmail.com   

Alamat                          : Br.Dinas Tumbu Kaler,Kec. Karangasem

 

Satu-satunya perempuan dalam keanggotaan Bawaslu Kabupaten Karangasem periode 2018-2023, Dra.Diana Devi akrab dipanggil Ibu Devi. Beliau lahir di Surabaya pada 10 Mei 1986 dari pasangan I Ketut Nukra Aryawan, BA.MT dengan Sri Wiludjeng. Ibu Devi merupakan anak pertama dari delapan bersaudara yang semasa kuliah mengambil jurusan Kimia dan menamatkan pendidikan S1 dari Universitas Brawijaya Malang pada tahun 1992. Selepas menamatkan pendidikan S1, beliau memulai karier di PT. Gunung Mas Sentausa Jakarta pada 1993-2001. Selanjutnya pada tahun 2001 berkarier di PT.Artawa Indonesia Jakarta. Akhirnya pada 2008 beliau memutuskan berkarier di KPU Kabupaten Karangasem sebagai Anggota. Setelah dua kali menduduki jabatan Anggota di KPU Kabupaten Karangasem, pada 2018 beliau terpilih sebagai Anggota Bawaslu Kabupaten Karangasem untuk lima tahun kedepan.

Ibu dari I Wayan Gede Widyantara dan Ni Made Sari Anggraini mengatakan bahwa hal yang paling berkesan dalam kepemiluan yang beliau saksikan adalah tahu secara lebih dalam dinamika politik yang semakin berkembang pesat saat ini.  Dunia kepemiliuan bukan saja mengenai proses jalannya teknis kegiatan, namun juga  mengenai bagaimana mengawasi proses tersebut agar berjalan dengan baik. Sebagai istri dari Alm. Ir.I Nyoman Suandra, beliau memiliki quote, “Sabar dalam menjalani hidup, sabar dalam menyelesaikan masalah karena hal itu merupakan pendewasaan diri”.

Kontak Person  : 08128156801   

E-mail                  :  dianadevi2018@gmail.com

Alamat                 : Br.Dinas Pidpid Kaler Dauh Mari, Kecamatan Abang, Karangasem.

 

Koordinator Divisi Pencegahan & Hubal Kabupaten Karangasem tahun  2018-2023 dijabat oleh I Nengah Putu Suardika, SP. Beliau merupakan anak ke-empat dari tujuh bersaudara dari pasangan Ni Nyoman Rempeg dengan (Alm) I Made Putu. Bapak Suardika yang lahir pada 24 September 1968 menamatkan studi dari Universitas Udayana sebagai Sarjana Pertanian pada 1995. Sebelum menjadi Anggota Bawaslu Kabupaten Karangasem, suami dari Ni Luh Saptawati ini pernah menjalani karier di PT.Cahaya Surya Bali Indah sejak tahun 1996. Kemudian berlanjut sebagai relawan pemilu, pernah juga sebagai Panwascam Karangasem dan sebagai Panwaskab Karanagsem.

 

Bapak Suardika yang menggemari olahraga sebagai pilihan dalam mengisi waktu luang mengakui bahwa, hal berkesan selama proses pemilu ketika beliau menjabat adalah saat menjalankan tugas sebagai pengawas.  Jika sedang mengawasi peserta pemilu maupun pemilih, haruslah cermat agar tindakan pelanggaran dapat  dicegah. Tantangan selama pengawasan menurut beliau dapat meningkatkan integritas diri. Ayah dari I Gede Dika Pramana Jaya dan Ni Kadek Pradnya Paramita memiliki quote, “Cara termudah jadi pandai adalah belajar dari hal-hal terbodoh yang pernah kamu lakukan!”.

Kontak Person            : 081338241535 

E-mail                          : suarsuardika@gmail.com

Alamat                          :Lingkungan Kodok Darsana, Jl. Gajah Mada-Amlapura, Karangasem.

  • Dibaca: 2649 Pengunjung