P E N G U M U M A N SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SEKRETARIAT JENDERAL BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM

P E N G U M U M A N

Nomor: 0821/Bawaslu/SJ/KP.01.00/X/2019

SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SEKRETARIAT JENDERAL BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM

 

Dalam rangka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Sekretariat Jenderal Badan Pengawas Pemilihan Umum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dengan ini kami mengundang Pegawai Negeri Sipil yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti Seleksi Terbuka pengisian jabatan dimaksud, dengan ketentuan sebagai berikut:

I.     JPT PRATAMA KEPALA SEKRETARIAT BAWASLU PROVINSI TIPE A (ESELON II/A) :

1.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatera Barat;

2.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau;

3.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Lampung;

4.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Barat;

5.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah;

6.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Timur;

7.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur;

8.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah;

9.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah;

10. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara;

11. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Maluku;

12. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Papua Barat;

A.    PERSYARATAN UMUM

1)    Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun pada saat pelantikan;

2)    Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV;

3)    Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat I golongan IV/b;

4)    Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat 2 (dua) tahun;

5)    Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;

6)    Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;

7)    Sehat jasmani dan rohani;

8)  Mengajukan  lamaran  dan  pendaftaran  sesuai  jabatan  yang  dipilih  dan  melengkapi  dokumen persyaratan lamaran secara online melalui aplikasi yang ditentukan;

9)    Mampu mengoperasikan program Microsoft Office;

10)  Telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan diutamakan telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat II, atau telah mengikuti dan lulus Diklat Fungsional Ahli Madya untuk pemangku Jabatan Fungsional Ahli Madya;

11)  Tidak pernah atau tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dan tidak sedang dalam proses peradilan pidana; dan

12)  Mendapatkan rekomendasi/persetujuan untuk melamar dari Pejabat Pembina Kepegawaian.

B.    PERSYARATAN KHUSUS

1)    Pengalaman bekerja pada lembaga penyelenggara Pemilu atau instansi pemerintah yang bidang tugasnya berkaitan dengan kepemiluan atau jabatan yang dilamar, secara kumulatif paling kurang 5 (lima) tahun;

2)    Menguasai pengetahuan manajemen pengawasan Pemilu;

3)    Menguasai pengetahuan manajemen penanganan pelanggaran Pemilu;

4)    Menguasai pengetahuan manajemen penyelesaian sengketa proses Pemilu;

5)    Menguasai pengelolaan perencanaan program dan anggaran;

6)    Menguasai pengelolaan kegiatan hubungan masyarakat; dan

7)    Mendayagunakan   perbedaan   secara   konstruktif   dan   kreatif   untuk   meningkatkan   efektifitas organisasi.

 

II.    JPT PRATAMA KEPALA SEKRETARIAT BAWASLU PROVINSI TIPE B (ESELON II/B):

1.   Kepala Sekretariat Panwaslih Provinsi Aceh;

2.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau;

3.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jambi;

4.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Bengkulu;

5.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung;

6.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi DKI Jakarta;

7.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Banten;

8.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Bali;

9.   Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Barat;

10. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat;

11. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Utara;

12. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan;

13. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur;

14. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Gorontalo;

15. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara;

16. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat;

17. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Maluku Utara.

 

A.   PERSYARATAN UMUM

1)    Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun pada saat pelantikan;

2)    Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV;

3)    Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina golongan IV/a;

4)    Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat 2 (dua) tahun;

5)    Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;

6)    Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;

7)    Sehat jasmani dan rohani;

8)    Mengajukan  lamaran  dan  pendaftaran  sesuai  jabatan  yang  dipilih  dan  melengkapi  dokumen persyaratan lamaran secara online melalui aplikasi yang ditentukan;

9)    Mampu mengoperasikan program Microsoft Office;

10)  Telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan diutamakan telah mengikuti dan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat II, atau telah mengikuti dan lulus Diklat Fungsional Ahli Madya untuk pemangku Jabatan Fungsional Ahli Madya;

11)  Tidak pernah atau tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dan tidak sedang dalam proses peradilan pidana; dan

12)  Mendapatkan rekomendasi/persetujuan untuk melamar dari Pejabat Pembina Kepegawaian.

 

B.    PERSYARATAN KHUSUS

1.   Pengalaman bekerja pada lembaga penyelenggara Pemilu atau instansi pemerintah yang bidang tugasnya berkaitan dengan kepemiluan atau jabatan yang dilamar, secara kumulatif paling kurang 3 (tiga) tahun;

2.   Menguasai pengetahuan manajemen pengawasan Pemilu;

3.   Menguasai pengetahuan manajemen penanganan pelanggaran Pemilu;

4.   Menguasai pengetahuan manajemen penyelesaian sengketa proses Pemilu;

5.   Menguasai pengelolaan perencanaan program dan anggaran;

6.   Menguasai pengelolaan kegiatan hubungan masyarakat; dan

7.   Mendayagunakan perbedaan secara konstruktif dan kreatif untuk meningkatkan efektifitas organisasi.

 

III.   METODE SELEKSI

Pelaksanaan seleksi dilakukan dengan secara bertahap dimulai dari Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Teknis  Bidang,  Seleksi  Kompetensi Manajerial  dan  Sosio  Kultural,  Uji  Penulisan  Makalah  dan  Tes Wawancara. Untuk Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi Teknis Bidang diberlakukan sistem gugur.

 

IV.   TATA CARA PENDAFTARAN

Pelamar melakukan pendaftaran secara online melalui situs https://sipeka.bawaslu.go.id dengan ketentuan sebagai berikut:

A. Pendaftaran dimulai tanggal 29 Oktober 2019 dan ditutup pada tanggal 13 November 2019 pukul 16.00 WIB;

B. Mengunggah dokumen persyaratan lamaran yang terdiri atas:

1.  Surat    lamaran    yang    dibubuhi    meterai    Rp.6000    (formulir    dapat    diunduh    pada    situs https://sipeka.bawaslu.go.id);

2.  Kartu Tanda Penduduk (KTP);

3.  Ijazah yang dipersyaratkan;

4.  Surat Keputusan pengangkatan dalam jabatan terakhir;

5.  Surat keterangan memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang ditandatangani oleh Pejabat yang membidangi urusan kepegawaian paling rendah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (formulir dapat diunduh pada situs https://sipeka.bawaslu.go.id);

6.  Penilaian Prestasi Kerja 2 (dua) tahun terakhir setiap unsur minimal bernilai Baik, tahun 2017 dan tahun 2018;

7.  Tanda bukti penyerahan LHKPN/LHKASN;

8.  Tanda bukti penyerahan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak tahun 2017 dan 2018;

9.  Surat rekomendasi/persetujuan untuk melamar dari Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai  dengan Pasal 118 Peraturan Pemerintah 11 Tahun 2017 (formulir dapat diunduh pada situs https://sipeka.bawaslu.go.id);

10.Surat pernyataan tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat dan tidak sedang dalam proses peradilan pidana diketahui oleh pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang membidangi kepegawaian (formulir dapat diunduh pada situs https://sipeka.bawaslu.go.id);

11.Sertifikat Diklat Kepemimpinan dan Diklat Teknis yang sesuai dengan jabatan yang akan dilamar;

12.Foto berwarna berlatar belakang warna merah dengan ukuran file maksimal 500 KB.

C. Pelamar dapat melamar lebih dari 1 (satu) Jabatan yang lowong, dan dibatasi paling banyak 3 (tiga) Jabatan.

D. Bagi pelamar yang lolos 3 (tiga) terbaik yang diusulkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian, wajib melakukan  tes  kesehatan  dan  kejiwaan  secara  mandiri  dan  menyerahkan  Surat  Keterangan  kepada Panitia Seleksi, yang terdiri atas:

1.   Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Kejiwaan dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) POLRI yang masih berlaku pada saat diunggah di situs https://sipeka.bawaslu.go.id; dan

2.   Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) POLRI dengan hasil laboratorium yang masih berlaku pada saat diunggah di situs https://sipeka.bawaslu.go.id.

Untuk Lebih lengkapnya silahkan download pengumuman berikut ini

/new/public/ckfinder/userfiles/files/PENGUMUMAN%20OPEN%20BIDDING%20JPT%20PRATAMA%20BAWASLU%20TAHUN%202019(1).pdf

Komentar